Notification

×

HMJ PBA IAIN Purwokerto Sukseskan Muktamar ITHLA Ke-8

Jumat, 29 November 2019 | 09.58 WIB | 0 Views Last Updated 2021-03-05T01:13:30Z
Foto bersama peserta Muktamar  ITHLA Se-Indonesia 2019

Lingkar Opini - HMJ PBA IAIN Purwokerto sukses ikuti jalannya Muktamar ITHLA ( Ittihadut Tholabah Al Lughoh al Arobiyyah) yang ke - 8, Senin-Rabu ( 25-27/11/19) di Asrama Haji Embarkasi Pondok Gede Jakarta.

Muktamar dibuka oleh Wakil MPR RI dan dihadiri oleh Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Ustadz Yusuf Mansur, Menteri Kominfo, dan juga wali kota Jakarta Selatan.

Rangkaian acara Muktamar ITHLA ke 8 antara lain; konferensi Pers, seminar internasional, workshop, dan sharing alumni dan pentas seni.

Rangkaian acara penting lainnya adalah sidang  muktamar VIII. Sidang tersebut juga menentukan siapa ketua umum terpilih periode selanjutnya.

Berdasarkan hasil sidang dan persaingan yang ketat, Nadyya Zahratul Jannah, mahasiswi PBA IAIN Bukit Tinggi terpilih menjadi ketua umum DPP ITHLA (2019-2020). Selanjutnya, Wanidi Sinegar, mahasiswa PBA Sekolah Tinggi Sunan Padanaran terpilih menjadi ketua umum DPW ITHLA (2019-2020).

Selain itu, muktamar juga diisi dengan perlombaan KBA  (Kemah Bahasa Arab) Internasional. KBA sendiri merupakan Wadah bagi kader-kader ITHLA untuk bersaing dalam meningkatkan kemampuan mereka terutama dibidang bahasa arab.

ITHLA merupakan wadah silaturahmi mahasiswa bahasa arab se- Indonesia. ITHLA dibagi menjadi 6 DPW (Dewan Pimpinan Wilayah) dibawah naungan DPP (Dewan Pimpinan Pusat).

Pada muktamar kali ini, IAIN Purwokerto mengirim 6 mahasiswa delegasi dari jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Tujuannya tidak lain adalah sebagai regenerasi pengurus ITHLA dan untuk menunjang kegiatan-kegiatan di jurusan Pendidikan Bahasa Arab di IAIN Purwokerto.

Acara berlangsung dengan lancar tanpa halangan yang berarti dan berakhir pada hari Rabu pukul 17.00 WIB.

Pewarta: Nana Annisa