Notification

×

Mungkinkah Industri Musik Lahir dari Desa?

Rabu, 23 Februari 2022 | 23.11 WIB | 0 Views Last Updated 2022-02-23T16:12:10Z

Foto Drum/Sumber: Foto dari Penulis

LPM Skolastik
- Banyak orang yang masih menganggap desa sebagai daerah yang tertinggal dari kemajuan teknologi dan informasi. Salah satu bidang yang masih jarang ditemukan di desa adalah seni kontemporer. Bidang seni kontemporer lebih bisa tumbuh di kota karena akses dunia hiburan lebih subur, salah satunya bidang musik. 

Orang-desa hanya mengenal musik dari televisi dan radio, kecuali untuk anak muda yang bisa mengakses lewat gawai. Meski masih bisa diakses lewat media-media informasi tetapi tetap di desa belum bisa menjadi tempat yang mudah untuk mengembangkan indutri musik kontemporer. 

Meskipun akses musik kontemporer lebih lambat untuk masuk ke desa, bukan berarti tidak akan sampai ke desa. Salah satu bukti berkembangnya dunia musik adalah dengan adanya studio musik. Studio musik merupakan tempat bagi para musisi untuk mendokumentasikan karya-karyanya melalui rekaman, ataupun bisa dijadikan tempat latihan rutin.

Dalam proses pendokumentasian karya musik, banyak sekali pertimbangan yang dilakukan para musisi agar memperoleh hasil yang memuaskan, diantaranya yaitu kualitas alat musik, perangkat rekam, ruangan studio dan lain sebagainya. Dengan adanya studio musik, musisi bisa mendapatkan keuntungan finansial dari karyanya. Selain itu adanya apresiasi karya di bidang musik juga menjadi tanda munculnya industri musik di desa. 

Salah satu studio musik yang berkembang di desa ialah Focus Studio, tepatnya di Desa Cindaga, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas. Studio musik rintisan pemuda bernama Rayhan itu awalnya hanya rumah sederhana dan disulap menjadi studio musik yang cukup lengkap dan nyaman. 

Meski berlokasi di desa, Rayhan optimis dengan perkembangan studio yang dirintisnya. Rayhan percaya dengan kualitas yang terjamin, harga murah, serta alat musik yang original mampu menghasilkan kualitas rekaman yang memuaskan bagi para musisi. Adanya Focus Studio juga menjadi angin segar bagi pemilik bakat-bakat seni musik kontemporer untuk mengembangkan potensinya. 

Dari adanya studio musik di desa seperti Focus Studio di Desa Cindaga, artinya akeses berkembangnya dunia musik akan lebih mudah dan akan mendongkrak industri musik muncul dari rahim desa. Selain itu juga akan banyak anak-anak muda yang punya bakat di bidang tersebut bisa terwadahi dan mendapatkan apresiasi. 

Iputa Vernanda Kartika Rini (Mahasiswa UIN SAIZU)