Notification

×

5 Kunci Sukses Di Bulan Ramadhan

Minggu, 03 April 2022 | 16.58 WIB | 0 Views Last Updated 2022-04-03T10:00:54Z

Bulan Suci Ramadhan/Foto: Freepik
LPM Skolastik - Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. 

Hal tersebut dikarenakan bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan. 

Di bulan tersebut, Allah SWT. menurunkan rahmat-Nya dan melipatgandakan amal sholih manusia.

Tentunya momentum Ramadhan ini dapat menjadi investasi pahala yang sangat menguntungkan. 

Untuk memaksimalkan amalan kita pada bulan suci Ramadhan, kita harus menargetkan diri kita untuk mengupayakan mengamalkan 5 kunci sukses berikut ini, sehingga waktu kita disibukkan dengan amal sholih. 


Adapun 5 kunci sukses itu diantaranya :

1. Sukses puasa Ramadhan

Sebagai umat islam yang bertaqwa kepada Allah SWT. puasa Ramadhan merupakan hal yang wajib untuk dilaksanakan. 

Hukumnya berdosa ketika umat Islam meninggalkannya, kecuali ada udzur yang dibenarkan oleh agama.

Maka dari itu, jangan sampai puasa kita bolong karena udzur yang tidak diperbolehkan agama.

Selain itu, ketika kita menunaikan puasa, hendaknya kita memperhatikan apa yang kita perbuat agar pahalanya menjadi sempurna.


2. Sukses Shalat Tarawih

Shalat tarawih merupakan shalat sunnah yang dikerjakan hanya pada bulan suci Ramadhan, biasanya dilaksanakan di masjid secara berjamaah setelah sholat Isya. 

Keutamaan mengerjakan shalat tarawih sangatlah banyak, diantaranya akan diampuni dosa-dosanya, pahalanya sebagaimana mengerjakan Qiamul Lail semalaman penuh, selain itu sholat tarawih juga akan menjaga kesehatan fisik karena gerakannya dilakukan secara berulang-ulang akan membakar kalori tubuh yang disantap saat berbuka puasa.


3. Sukses tadarus Alquran 

Tidak bisa dibayangkan berapa banyak pahala yang didapatkan ketika seseorang sukses mengkhatamkan Al Quran di bulan suci ramadhan, karena pahalanya tidak hanya 10 lipatan saja akan tetapi pahalanya sesuai dengan kehendak Allah SWT. 

Banyak tips mudah yang bisa kita terapkan untuk mengkhatamkan Al Quran dalam bulan suci Ramadhan, salah satunya yaitu dengan membaca beberapa lembar sebelum dan sesudah sholat wajib. 

Lantas bagaimana dengan yang belum lancar membaca Alquran? Tidak perlu khawatir, justru orang yang belajar membaca Alquran akan mendapat 2 pahala, yaitu pahala belajar dan membaca.


4. Sukses Lailatul Qodar

Ada satu malam yang sangat istimewa, terjadi di antara 10 malam terakhir bulan suci Ramadhan yang mana ketika seseorang menjumpai malam itu sedangkan dia sedang beribadah, maka pahalanya seperti dia beribadah selama seribu bulan, malam tersebut adalah malam Lailatul Qodar. 

Amalan yang sangat luar biasa, bagaimana tidak apakah seseorang sanggup beribadah selama seribu bulan tanpa melakukan dosa? Tentu saja tidak bahkan jika ada yang menyanggupi dia sudah wafat sebelum menyelesaikannya, karena umat Nabi Muhammad usianya sekitar 60 an. 


5. Sukses Zakat Fitrah

Zakat Fitrah merupakan amalan wajib untuk dilaksanakan oleh semua umat muslim baik anak anak maupun orang dewasa, bahkan bayi yang baru lahir sebelum mengerjakan sholat ied pun hukumnya wajib untuk zakat. 

Zakat diserupakan bahan pokok makanan yang nantinya akan di bagikan kepada umat yang kurang mampu agar dapat merasakan kebahagiaan di hari raya. 

Selain itu zakat juga menjadi penghubung amalan Ramadhan seseorang sampai ke langit, berarti ketika seseorang tidak menunaikan zakat maka amalannya masih menggantung.

Penulis: Srikandi Triwahyu Laras

sumber: Pengajian Ust. Suhardono dan Ust. Husen Machmud